Friday 12 October 2012

8 Destinasi dengan Daya Tarik Wisata Terbaik

8 Destinasi dengan Daya Tarik Wisata Terbaik - Lingkungan yang bersih dan pelayan yang ramah tentu menjadi daya tarik lebih sebuah destinasi. Kemenparekraf pun memberikan penghargaan kepada 8 destinasi dengan daya tarik wisata terbaik. Apa saja?

Tahun ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali mengadakan Penghargaan Cipta Award untuk ketiga kalinya. Cipta Awards adalah penghargaan yang diberikan kepada pengelola destinasi pariwisata yang telah berkomitmen dalam mengimplementasikan aspek lingkungan, ekonomi, sosial dan budaya, sehingga menghasilkan daya tarik wisata yang berkualitas.

"Ini adalah wujud apresiasi, semoga dengan apresiasi ini bisa menjadikan pariwisata dengan daya tarik yang berkualitas dan berkelanjutan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu dalam jumpa pers di Ballroom Hotel JW Marriott, Mega Lingkar Kuningan, Jakarta, Jumat (28/9/2012) malam.

Menurut Mari, untuk menarik wisatawan datang ke Indonesia bukan cuma adanya tempat yang indah, tetapi juga pelestarian budaya.

"Kita juga harus peduli dengan pelestarian apa yang ada di bawah laut atau yang di daratan. Ini semua bagian dari promosi pariwisata," kata Mari.

Wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara, tambah Mari, saat ini sudah mau membayar premium untuk datang ke destinasi yang bertanggung jawab, contohnya dengan menjaga kebersihan.

Mari pun berjanji akan mendukung seluruh pelaku pariwisata demi peningkatan daya tarik wisata suatu destinasi dengan berbagai cara seperti perencanaan yang lebih baik. Nah, untuk destinasi yang telah berhasil memiliki perencanaan yang baik, sehingga memiliki daya tarik wisata yang berkualitias, Kemenparekraf pun memberikan Penghargaan Cipta Award.

Ada 8 tempat wisata yang dianggap memiliki daya tarik wisata terbaik, dari 3 kategori daya tarik wisata alam, budaya dan buatan, dan dari 3 kelompok, yaitu Pemerintah/Pemda, BUMN/BUMD/BUMS, LSM/masyarakat/perorangan.

Berikut adalah pemenang terbaik Cipta Award 2012:
  • Kategori Daya Tarik Wisata Alam dengan unsur pengelola Pemerintah/Pemda adalah Kebun Raya Cibodas, Bogor.
  • Kategori Daya Tarik Wisata Alam dengan unsur pengelola BUMN/BUMD/BUMS adalah Danau Teluk Gelam di Sumatera Selatan.
  • Kategori Daya Tarik Wisata Alam dengan unsur pengelola LSM/Masyarakat/perorangan adalah Rinjani Trek Management di NTB.
  • Kategori Daya Tarik Wisata Budaya dengan unsur pengelola pemerintah/pemda adalah Museum Batik Pekalongan di Jawa Tengah.
  • Kategori Daya Tarik Wisata Budaya dengan unsur pengelola LSM/masyarakat/perorangan adalah Benteng Heritage di Banten.
  • Kategori Daya Tarik Wisata Buatan dengan unsur pengelola pemerintah/pemda adalah Taman Pintar di DI Yogyakarta.
  • Kategori Daya Tarik Wisata Buatan dengan unsur pengelola BUMD/BUMN/BUMS adalah Bali Safari and Marine Park di Bali.
  • Kategori Daya Tarik Wisata Buatan dengan unsur pengelola LSM/masyarakat/perorangan adalah Taman Wisata Kampung Radja, Jambi.

8 Destinasi dengan Daya Tarik Wisata Terbaik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown