Friday 12 October 2012

Kota Bontang

Kota Bontang - Kota Bontang secara geografis terletak antara 117'21'-117'29' BujurTimur dan 0'01'-0'11' Lintang Utara, luas wilayahnya adalah 163,39 Km2.

Perbatasan wilayahnya adalah di sebelah utara perbatasan dengan Kabupaten Kutai Timur di, di sebelah timur berbatasan dengan Selat Makasar, di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara, dan di sebelah barat Kabupaten Kutai Timur di barat, wilayahnya terbagi atas 3 Kecamatan dan 15 desa.

Kota Bontang dikenal dengan Kota industri dan jasa, dua sektor tersebut telah memberikan nilai pendapatan yang utama daerah ini . Terdapat dua buah perusahaan besar yang ada di daerah ini yaitu PT Badak NGL Co yang mengolah gas alam dan PT. Pupuk Kaltim. Di Kota Bontang, khususnya di dalam kawasan dua perusahaan itu, berbagai fasilitas moderen dan lengkap tersedia, mulai dari fasilitas perumahan bagi karyawan perusahaan itu, tempat olahraga, rekreasi, taman-taman bermain, rumah sakit hingga hotel berbintang, yang tentunya menambah kas daerah dari sektor jasa, sektor jasa dan industri pengolahan adalah dua lapangan usaha yang paling banyak menyerap tenaga kerja. Dua perusahaan besar itulah tulang punggung perkembangan perekonomian kota ini. keberadaan dua perusahaan itu punya andil dalam meningkatkan kegiatan perdagangan dengan munculnya kebutuhan baru akan komoditas keperluan hidup sehari-hari. Begitu pula kebutuhan sarana dan prasarana baru, baik perumahan, perkantoran, perhotelan, maupun sarana infrastruktur lainnya.

Komoditi unggulan Kota Bontang yaitu sektor perikanan dan jasa. Sub sektor perikanan komoditi yang diunggulkan berupa perikanan Budidaya Laut, Pariwisatanya yaitu wisata alam, wisata adat dan budaya.

Sebagai penunjang kegiatan perekonomian, di Kota ini tersedia 1 kawasan industri, yaitu Kalimantan Timur Industrial Estate Bontang yang didukung juga oleh fasilitas listrik dan telekomunikasi.


Sumber Data:
Kalimantan Timur Dalam Angka 2010
(01-8-2007)
BPS Provinsi Kalimantan Timur
Jl. Kemakmuran No. 4, Samarinda
Telp (0541) 732793
Fax (0541) 201121

Updated: 17-3-2011

Kota Bontang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown